24 November 2007

la vie est belle mais elle est courte...

Hari ini, seorang tetangga menunjukkan padaku cucu lelakinya yang hari ini genap berusia 1 minggu. Ingatanku kemudian melayang, mengingat sudah satu minggu namboruku berpulang. Ada yang datang dan ada juga yang pergi. Itulah hidup, indah namun fana.

Tatkala seseorang telah menunaikan kewajibannya di dunia, memberangkatkan kelima putra-putrinya menjadi mandiri dan mempertahankan Kristus di dalam hatinya, yang lain datang untuk mengembang kewajiban yang masih terbentang panjang di depan matanya.

Hidup ini cuma sementara. Ungkapan ini benar-benar menohok sanubariku tatkala melihat jenazah terbujur kaku di depan mataku. Seperti minggu lalu, Sabtu, 17 November, dini hari, sekitar pukul 00.35. WIB, Tuhan memanggil namboru tercinta kami ke pangkuanNYA. Kakak nomor lima ayah kami ini berpulang di usianya yang ke-70 tahun.

Kenangan terakhir yang terukir di benak adalah tatkala beliau menghadiri acara pertunangan adik, pada tanggal 6 Oktober 2007 lalu. Tatkala itu, Namboru Bekasi, begitu kami biasa menyapanya, mengenakan blus cantik berwarna kuning.

"Bou, cantik sekali bajunya," begitu sapaku tatkala kami berkumpul di aula bawah gereja, usai acara perjanjian hendak menikah di sana.

Seraya tersenyum padaku, beliau menyorongkan pipinya seraya berkata, "Cium dulu Bou!"

Tak berselang lama, kakak sepupuku, yang adalah putri bungsunya, menyuruhku untuk menemani beliau untuk pergi ke kamar mandi. Dengan perlahan, kutuntun tubuhnya yang telah renta menuju ke kamar mandi. Di sana, ia agak menemui kesulitan saat mengancingkan kembali celana panjangnya. Dengan telaten, aku kemudian membantunya.

Beberapa hari kemudian, aku mendengar kabar, beliau menjalani cuci darah pertamanya di rumah sakit Cikini, Jakarta Pusat. Setelah itu, ia tak sadar diri hingga harus dimasukkan di ruang ICU. Selama dua minggu ia menjalani perawatan hingga Tuhan memanggilnya kembali, untuk bertemu dengan dua abang, satu adik serta kedua orangtuanya. Selamat jalan Bou...

2 comments:

Anonymous said...

Coucou mon coeur et oui comme d'habitue je comprend rien a ce que tu as ecrit... :(
Tant pis je serais jamais...
Passe une bonne journée et a bientot.
I LOVE YOU ma rosa
CRICRI

Anonymous said...

Bon je voudrais dire que je ne suis VRAIMENT pas contant aprés MD Sihombing,parce qu'elle ne viens JAMAIS mettre un petit message sur mes blogs et sa c'est VRAIMENT pas gentille...

Voila :p

Bye